Kamis, 08 Oktober 2020

Pengertian Minat Belajar Menurut Para Ahli


Menurut Slameto, dalam bukunya Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi nya, minat adalah “ kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan.” (Slameto,op.cit.,h.15)


Menurut Muhibbin Syah, dalam bukunya Psikologi pendidikan secara sederhana minat(interest) berarti “kecendrungan dan kegiatan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu”. (Muhibbin Syah, Psikologi Belajar,(Bandung: Remaja RosdaKarya,2005),h 136)


Menurut Ahmad D. Marimba Minat adaah kecendrungan jiwa kepada sesuatu, karena kita merasa ada kepentingan dengan sesuatu itu, pada umumnya disertai dengan perasaan senang akan sesuatu itu.(Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat pendidikan Islam, (Bandung: PT Almairif, 1980), Cet Ke-4, hal. 79)

Menurut Syaiful Bahri Djamarah, dalam bukunya Psikologi Belajar,Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas tanpa ada yang menyuruh,minat pada dasarnya adalah menerima suatu hubungan antara diri sendiri dengan suatu diluar diri. Semakin kuat / dekat hubungan tersebut, semakin besar minat. (Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi belajar, (Jakarta : Rineka Cipta,2002), cet 1 ., h 25)


Dalam bukunya yang berjudul Psikologi Pendidikan, Alisuf Sabri mengatakan bahwa minat adalah “suatu kecedrungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus. (M. Alisuf Sabri, Psikologi pendidikan, (jakarta: CV. Peduman Ilmu Jaya, 1995), h. 84)





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More