BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kurikulum merupakan
seperangkat rencana yang berisikan tujuan, isi, proses, dan evaluasi yang
dimana dijadikan acuan oleh para pendidik untuk mendidik para peserta
didiknya.Di Indonesia kurikulum merupakan pondasi awal dimana suatu pendidikan
di Indonesia itu sendiri dapat berjalan dengan baik.Dimana kurikulumnya itu
sendiri mengalami revisi setiap 5 tahun sekali dan mengalami pergantian setiap
10 tahun sekali. Mengapa demikian?karena zaman pun terus berkembang, dan
perkembangan tekhnologi pun akan semakin canggih sehingga perlu adanya
perubahan pada kurikulum itu sendiri, bilamana kurikulum yang ada sudah tidak
sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini. Begitupula yang terjadi di tahun
ini, yaitu akan adanya kurikulum 2013 pengganti dari Kurikulum yang sebelumnya
yaitu KTSP. Yang dimana menurut dari apa yang kami dengar bahwa di Sekolah
Dasar Mata Pelajaran IPA dan IPS akan diintegrasikan dengan Mata Pelajaran
lainnya, sehingga akan terjadi penyederahanaan dalam Kompetensi Dasar yang ada.
Merujuk pada uraian di atas, oleh sebab itu dalam makalah ini kami akan
menganalisis mengenai KTSP dan Kurikulum 2013 yang sedang menjadi topik yang
diperbincangkan dalam masyarakat, terutama dikalangan para pendidik, sehingga
disini kami ingin menganalisis apakah pada Mata Pelajaran IPS, KTSP dan
Kurikulum 2013 ini, telah memenuhi tiga ranah yang seharusnya ada pada diri
peserta didik (Kognitif, Psikomotor, dan Afektif) dilihat dari Taksonomi Bloom
yang kami jadikan acuan, dan apakah perbedaan atau bisa dibilang kekurangan dan
kelebihan dari kedua kurikulum ini? Berdasarkan latar belakang tersebut maka
dalam makalah ini kami akan menguraikan apa yang menjadi pertanyaan di atas.
Sehingga dengan analisis ini, kami berharap menjadi dasar bagi kami sebagai
calon pendidik khususnya di Sekolah Dasar untuk dapat mengetahui dari Kurikulum
yang akan kami terapkan nantinya ketika menjadi seorang pendidik.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperoleh
permasalahan antara lain:
1.
Apa
pengertianKI dan KD dalam perubahan peranan pembelajaran dalam KURIKULUM 2013 ?
2.
Seperti
apa bentuk KI dan KD dalam perubahan peranan pembelajaran dalam KURIKULUM 2013?
3.
Seperti
apa kemampuan guru dalam menganalisa KI dan KD
1.3 Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi
tugas mata kuliah KURIKULUM DAN PEMBELJARAN MATEMATIKA serta untuk menambah wawasan dan
ilmu kami tentang materi yang sudah kami baca dan pahami sebelumnya sehingga
kami dapat menjelaskan atau memaparkannya kembali dalam bentuk makalah ini.
1.4 Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari 3Bab :
1. BabI adalah Pendahuluan, yang terdiri
dari Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulisan.
2. Bab
II berisi tentang Pembahasan dari
rumusan masalah yang kami ajukan, berikut dengan penguraiannya yang kami buat
secara sederhana.
3. Bab III tentang bagian Penutup yang berisi Kesimpulan dan Saran. Sebagai pertanggungjawaban disertakan pula Daftar
Pustaka.
BAB II
ISI
2.1 Pengertian KI dan KD
Kurikulum 2013 itu
adalah uasaha yang terpadu antara rekonstruksi kompetensi lulusan, dengan
kesesuain dan kecukupan, keluasan dan kedalaman materi , revolusi pembelajaran
dan reformasi penilaian
Kompetensi Inti
merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus
dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan
tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama
yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan
(afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk
suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus
menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft
skills.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang
saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1),
sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan
pengetahuan (kompetensi 4).Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi
Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara
integratif.Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial
dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta
didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan
pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata
pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti.Kompetensi
Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan
ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta
didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik
peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
2.2 PERUBAHAN YANG MEMPENGARUHI POLA PIKIR
No.
|
Rumusan
Kurikulum Baru
|
1.
|
Keterampilan
ditekankan pada keterampilan berfikir menuju terbentuknya kreativitas.
Kemampuan psikomotorik adalah penunjangketerampilan.
|
2.
|
Bahasa
Indonesia sebagai penghela pengetahuan
diawali
dan diakhiri dengan penguatanBahasa Indonesia.
|
3.
|
Keterampilan
berbahasa (semi formal dan formal) harus didahulukan dari keterampilan
lainnya.
|
4.
|
Keterampilan dapatberbentuk
penyajian dan tindakan.
|
5.
|
Memberi
motivasi, membuat siswa menggemari pelajarandan pembelajarannya.
|
6.
|
Siswa
memilikikekhasan masing-masing.
|
|
Domain
|
Sd
|
Smp
|
Sma/k
|
||
|
Menerima+menjalankan
|
+
menghargai + mengamalkan
|
Menghayati
+
|
||
Sikap
|
Pribadi
yang beriman
Dan
bertanggung jawab
Dengan
lingkungan
Dan
peradabannya
|
Berakhlak
muliam,
Dalam
berinteraksi
Sekolah
alam
|
Percaya
diri ,
Secara
efektif
Sekitar
serta dunia
|
||
Keterampilan
|
Mengamati
+ menanya
+mencipta
|
+mencoba
+
|
Menalar
+menyaji
|
||
|
Pribadi
yang
Yang
produktif dan
|
Berkemampuan
Kreatif
dalam
|
Piker
dan tindak ranah abstrak dan konkret
|
||
Pengetahuan
|
Mengetahui
+
Menganalisa
+
|
Memahami
+
mengevaluasi
|
Menerapkan
+ mencipta
|
||
|
Pribadi
yang menguasai budaya dan kebangsaan ,
|
Ilmu
pengetahuan, berwawasan kenegaraan dan
|
Teknologi,seni,
Kemanusiaan,
peradaban
|
||
1.Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya
2.Mengembangkanperilaku(jujur,
disiplin, tanggungjawab,peduli, santun, ramahlingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.Memahamidan menerapkanpengetahuan
faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuanprosedural pada bidangkajian yang spesifiksesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar, dan menyajidalam ranah konkretdan
ranahabstrakterkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
|
Sikap
dan perilaku : menerima+menjalankan+menghargai+menhayati+mengamalkan
|
|
1.
Beriman berakhlak mulia rasa ingin tahu, estetika,percaya diri ,
motivasi internal
2.
Toleransi , gotong royong, kerjasama , dan musyawarah
3.
|
|
Keterampilan
: mengamati + menanya +mencoba + mengolah + mengaji +menalar + mencipta
|
|
1.
Membaca,menulis,menggambar,berhitung, mengarang
2.
Menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi,membuat,mencipta
|
|
|
|
Pengetahuan
: mengetahui + menerapkan + memahami + menganalisa + mengevaluasi + mencipta
|
|
1.ilmu
pengetahuan , teknologi,budaya,dan seni
2.
manusia,bangsa,Negara,tanah air, dan dunia
|
|
SEKOLAH
DASAR
|
Sikap
|
Memiliki
[melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku
yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli,
disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungansosial dan alam , di sekitar rumah,
sekolah, dan tempat bermain
|
Keterampilan
|
Memiliki
[melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta]
kemampuan pikir dan tindak yang produktifdan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.
|
Pengetahuan
|
Memiliki
[melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi]
pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan,teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di
lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
|
SMP
|
Sikap
|
Memiliki[melaluimenerima,
menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilakuyang
mencerminkansikaporangberiman, berakhlakmulia[jujur, santun, peduli,
disiplin, demokratis], percayadiri,
danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulannya
|
Keterampilan
|
Memiliki[melaluimengamati,
menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuanpikirdantindakyang
efektifdankreatifdalamranahabstrakdankonkretsesuaidenganyang
dipelajaridisekolahdansumberlain sejenis
|
Pengetahuan
|
Memiliki[melaluimengetahui,
memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuanfaktual,
konseptual, danproseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmupengetahuan, teknologi,seni, budayadalamwawasankemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadianyang tampakmata
|
|
SMA
|
Sikap
|
Memiliki
[melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku
yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli,
disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
Keterampilan
|
Memiliki
[melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta]
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara
mandiri [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya
|
Pengetahuan
|
Memiliki
[melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi]
pengetahuan prosedural dan metakognitif berdasarkanrasa ingin tahunya
tentangilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian [pada
bidang kajian spesifik]sesuai bakat dan minatnya
|
|
SMK
|
Sikap
|
Memiliki
[melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku
yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli,
disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
Keterampilan
|
Memiliki
[melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta]
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara
mandiri [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya
|
Pengetahuan
|
Memiliki
[melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi]
pengetahuan prosedural dan metakognitif berdasarkanrasa ingin tahunya
tentangilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian [pada
bidang kajian spesifik]sesuai bakat dan minatnya
|
Ranah Kompetensi
|
Kompetensi Inti
|
Sikap Spiritual
|
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
Sikap Sosial
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,danguru.
|
Pengetahuan
|
Memahami
pengetahuan faktual dengancaramengamati[mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
Keterampilan
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman, berakhlak mulia, dan berilmu
|
KI 3.Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
|
KI 2:Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
KI 1: Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
2.3 KEMAMPUAN GURU MENGANALISIS KI DAN KD
Kurikulum 2013
adalah usaha yang terpadu antara rekonstruksi kelulusan dengan keesuaian dan
kecukupan, keluasan dan kedalaman materi,revolusipembelajaran dan reformasi
penilain.
ANALISIS KI/KD dan PERANCANGAN
• Mengapa urutan KI mulai dari
Sikap Spritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), Pengetahuan (KI-3) dan Keterampilan
(KI-4) ? (amati Pembukaan UUD 45, Pancasila, UU Sisdiknas)
• Mengapa urutan perancangan
dan pelaksanaan pembelajaran mulai dari KI-3 menuju KI-4 ? Keterampilan hanya
dapat dibangun dengan hasil yang baik melalui pengetahuan (pelukis, penyanyi,
olahragawan pasti memiliki pengetahuan yang memadai tentang keterampilan yang
ditekuninya). Keterampilan yang tidak melalui proses pengetahuan (KI-3) tidak
akan menghasilkan karya yang baik.
• Dalam proses perolehan
pengetahuan dan keterampilan sikap diintegrasikan sehingga seluruh mata
pelajaran diorientasikan memiliki kontribusi terhadap pembentukan sikap
• Tidak berhenti pada pengetahuan
tetapi berlanjut sampai pada keterampilan dan pembentukan sikap
• Dalam proses perancangan dan
pembelajaran alur yang digunakan adalah : bermula KI-3 KI 4 dan selanjutnya
memberikan dampak terhadap terbentuknya KD pada KI-2 dan KI-1
• Setelah KI-3 dan KI-4 tuntas
dianalisis, lalu diturunkan materi yang relevan dan rancangan skenario
pembelajaran termasuk penugasan dan penilaian.
• Berdasarkan aktivitas belajar
dan penugasan tersebut dirancang indikator KD pada KI-1 dan KI-2 diintegrasikan
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha
Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
sekitar
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin
tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa
Indonesiadan/atau bahasa daerah.
2.2 Memiliki rasa percaya diri terhadap
keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap
kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung
jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur
dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
|
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang
dan
malam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.2 Menegenal teks petunjuk/arahan
tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang
sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untukmembantu
pemahaman
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal
tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang
anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menirukan teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk
tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih
mengenai sikap kasih saying secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita
diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5 Membuat teks diagram/label tentang
anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
MATEMATIKA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung
jawab, santun, peduli,dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru
|
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan
teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan
pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap objektif dan
menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun
aktivitas seharihari
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
1.1 Mengenal lambang bilangan dan
mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
1.2 Mengenal bilangan asli sampai 99
dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan
gambar-gambar/benda konkrit
1.3 Menunjukkan pemahaman tentang
besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20 1.4 Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan bendabenda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain.
1.5 Menemukan bangun yang membentuk
pola pengubinanSederhana
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli
sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan
asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.2 Menggunakan benda konkrit untuk
menelusuri pecahan dan jumlah uang
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait dengan aktivitas
sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan
membuat pola yang berulang
4.5 Membentuk berbagai bangun datar
dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
4.6 Melakukan pengubinan dari bangun
datar sederhana tertentu
4.7 Membentuk dan menggambar bangun
baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.8 Mengelompokkan teman sekelas
berdasarkan tinggi badannya
4.9 Mengumpulkan dan mengelola data
pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan
urutan label pada sumbu horizontal
4.10Membaca dan mendeskripsikan data
pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
|
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan
bahwa Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam
bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan
pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran
mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan,
dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari
peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi
Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills
dan soft skills.
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata
pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti.Kompetensi
Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan
ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta
didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik
peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
3.1Saran
Kami berharap setelah dibuatnya makalah
ini maka akan memberikan pengetahuan yang lebih luas sehingga menambah wawasan
dan membuka pikiran pembaca untuk mengetahui dan lebih memahami secara ringkas
tentang yag dimaksud Konsep Waktu dalam Sejarah. Sehingga nantinya kita sebagai
calon pendidik tidak akan menjadi pendidik yang verbalisme. Namun menjadi
pendidik yang sebenarnya, cerdas dan memahami bahkan menguasai materi yang akan
diajarkan kepada anak didiknya.
0 komentar:
Posting Komentar