Kamis, 19 Desember 2013

kelompok 2

BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang Masalah
Kurikulum merupakan seperangkat rencana yang berisikan tujuan, isi, proses, dan evaluasi yang dimana dijadikan acuan oleh para pendidik untuk mendidik para peserta didiknya.Di Indonesia kurikulum merupakan pondasi awal dimana suatu pendidikan di Indonesia itu sendiri dapat berjalan dengan baik.Dimana kurikulumnya itu sendiri mengalami revisi setiap 5 tahun sekali dan mengalami pergantian setiap 10 tahun sekali. Mengapa demikian?karena zaman pun terus berkembang, dan perkembangan tekhnologi pun akan semakin canggih sehingga perlu adanya perubahan pada kurikulum itu sendiri, bilamana kurikulum yang ada sudah tidak sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini. Begitupula yang terjadi di tahun ini, yaitu akan adanya kurikulum 2013 pengganti dari Kurikulum yang sebelumnya yaitu KTSP. Yang dimana menurut dari apa yang kami dengar bahwa di Sekolah Dasar Mata Pelajaran IPA dan IPS akan diintegrasikan dengan Mata Pelajaran lainnya, sehingga akan terjadi penyederahanaan dalam Kompetensi Dasar yang ada. Merujuk pada uraian di atas, oleh sebab itu dalam makalah ini kami akan menganalisis mengenai KTSP dan Kurikulum 2013 yang sedang menjadi topik yang diperbincangkan dalam masyarakat, terutama dikalangan para pendidik, sehingga disini kami ingin menganalisis apakah pada Mata Pelajaran IPS, KTSP dan Kurikulum 2013 ini, telah memenuhi tiga ranah yang seharusnya ada pada diri peserta didik (Kognitif, Psikomotor, dan Afektif) dilihat dari Taksonomi Bloom yang kami jadikan acuan, dan apakah perbedaan atau bisa dibilang kekurangan dan kelebihan dari kedua kurikulum ini? Berdasarkan latar belakang tersebut maka dalam makalah ini kami akan menguraikan apa yang menjadi pertanyaan di atas. Sehingga dengan analisis ini, kami berharap menjadi dasar bagi kami sebagai calon pendidik khususnya di Sekolah Dasar untuk dapat mengetahui dari Kurikulum yang akan kami terapkan nantinya ketika menjadi seorang pendidik.  




1.2     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperoleh permasalahan antara lain:
1.          Apa pengertianKI dan KD dalam perubahan peranan pembelajaran dalam KURIKULUM 2013 ?
2.          Seperti apa bentuk KI dan KD dalam perubahan peranan pembelajaran dalam KURIKULUM 2013?
3.          Seperti apa kemampuan guru dalam menganalisa KI dan KD




1.3    Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah KURIKULUM DAN PEMBELJARAN MATEMATIKA serta untuk menambah wawasan dan ilmu kami tentang materi yang sudah kami baca dan pahami sebelumnya sehingga kami dapat menjelaskan atau memaparkannya kembali dalam bentuk makalah ini.

1.4    Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari 3Bab :
1.    BabI adalah Pendahuluan, yang terdiri dari Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulisan.
2.    Bab II berisi tentang Pembahasan dari rumusan masalah yang kami ajukan, berikut dengan penguraiannya yang kami buat secara sederhana.
3.    Bab III tentang bagian Penutup yang berisi Kesimpulan dan Saran. Sebagai pertanggungjawaban disertakan pula Daftar Pustaka.



























BAB II
ISI
           
2.1 Pengertian KI dan KD
Kurikulum 2013 itu adalah uasaha yang terpadu antara rekonstruksi kompetensi lulusan, dengan kesesuain dan kecukupan, keluasan dan kedalaman materi , revolusi pembelajaran dan reformasi penilaian

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4).Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif.Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti.Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.


2.2 PERUBAHAN YANG MEMPENGARUHI POLA PIKIR
No.
Rumusan Kurikulum Baru
1.
Keterampilan ditekankan pada keterampilan berfikir menuju terbentuknya kreativitas. Kemampuan psikomotorik adalah penunjangketerampilan.
2.
Bahasa Indonesia sebagai penghela pengetahuan
diawali dan diakhiri dengan penguatanBahasa Indonesia.
3.
Keterampilan berbahasa (semi formal dan formal) harus didahulukan dari keterampilan lainnya.
4.
Keterampilan dapatberbentuk penyajian dan tindakan.

5.
Memberi motivasi, membuat siswa menggemari pelajarandan pembelajarannya.
6.
Siswa memilikikekhasan masing-masing.







   











Domain
Sd
Smp
Sma/k

Menerima+menjalankan
+ menghargai + mengamalkan 
Menghayati +
Sikap
Pribadi yang beriman
Dan bertanggung jawab
Dengan lingkungan
Dan peradabannya
Berakhlak muliam,
Dalam berinteraksi
Sekolah alam
Percaya diri ,
Secara efektif
Sekitar serta dunia
Keterampilan
Mengamati + menanya
+mencipta 
+mencoba +
Menalar +menyaji

Pribadi yang
Yang produktif dan
Berkemampuan
Kreatif dalam 
Piker dan tindak ranah abstrak dan konkret
Pengetahuan
Mengetahui +
Menganalisa +
Memahami +
mengevaluasi
Menerapkan + mencipta

Pribadi yang menguasai budaya dan kebangsaan ,
Ilmu pengetahuan, berwawasan kenegaraan dan
Teknologi,seni,
Kemanusiaan, peradaban






















1.Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
2.Mengembangkanperilaku(jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli, santun, ramahlingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.Memahamidan menerapkanpengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidangkajian yang spesifiksesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar, dan menyajidalam ranah konkretdan ranahabstrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan

 



Sikap dan perilaku : menerima+menjalankan+menghargai+menhayati+mengamalkan
1.    Beriman berakhlak mulia rasa ingin tahu, estetika,percaya diri , motivasi internal
2.    Toleransi , gotong royong, kerjasama , dan musyawarah
3.    Pola hidup sehat , ramah lingkungan, patrotik , dan cinta perdamaian 
Keterampilan : mengamati + menanya +mencoba + mengolah + mengaji +menalar + mencipta
1.    Membaca,menulis,menggambar,berhitung, mengarang
2.    Menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi,membuat,mencipta

















fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidangkajian yang spesifiksesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar, dan menyajidalam ranah konkretdan ranahabstrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan

 



Pengetahuan : mengetahui + menerapkan + memahami + menganalisa + mengevaluasi + mencipta
1.ilmu pengetahuan , teknologi,budaya,dan seni
2. manusia,bangsa,Negara,tanah air, dan dunia








SEKOLAH  DASAR
Sikap

Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam , di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain

Keterampilan

Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang produktifdan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.

Pengetahuan

Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain






SMP
Sikap

Memiliki[melaluimenerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilakuyang mencerminkansikaporangberiman, berakhlakmulia[jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulannya

Keterampilan

Memiliki[melaluimengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuanpikirdantindakyang efektifdankreatifdalamranahabstrakdankonkretsesuaidenganyang dipelajaridisekolahdansumberlain sejenis

Pengetahuan

Memiliki[melaluimengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuanfaktual, konseptual, danproseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi,seni, budayadalamwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadianyang tampakmata




SMA
Sikap

Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Keterampilan

Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya

Pengetahuan

Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif berdasarkanrasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian [pada bidang kajian spesifik]sesuai bakat dan minatnya




SMK
Sikap

Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Keterampilan

Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya

Pengetahuan

Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif berdasarkanrasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian [pada bidang kajian spesifik]sesuai bakat dan minatnya



Ranah Kompetensi

                                 
Kompetensi Inti

Sikap Spiritual

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Sikap Sosial

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,danguru.

Pengetahuan

Memahami pengetahuan faktual dengancaramengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Keterampilan

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman, berakhlak mulia, dan berilmu







KI 3.Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KI 1: Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
 


























2.3 KEMAMPUAN GURU MENGANALISIS KI DAN KD
Kurikulum 2013 adalah usaha yang terpadu antara rekonstruksi kelulusan dengan keesuaian dan kecukupan, keluasan dan kedalaman materi,revolusipembelajaran dan reformasi penilain.

ANALISIS KI/KD dan PERANCANGAN
      Mengapa urutan KI mulai dari Sikap Spritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), Pengetahuan (KI-3) dan Keterampilan (KI-4) ? (amati Pembukaan UUD 45, Pancasila, UU Sisdiknas)
      Mengapa urutan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran mulai dari KI-3 menuju KI-4 ? Keterampilan hanya dapat dibangun dengan hasil yang baik melalui pengetahuan (pelukis, penyanyi, olahragawan pasti memiliki pengetahuan yang memadai tentang keterampilan yang ditekuninya). Keterampilan yang tidak melalui proses pengetahuan (KI-3) tidak akan menghasilkan karya yang baik.
      Dalam proses perolehan pengetahuan dan keterampilan sikap diintegrasikan sehingga seluruh mata pelajaran diorientasikan memiliki kontribusi terhadap pembentukan sikap
      Tidak berhenti pada pengetahuan tetapi berlanjut sampai pada keterampilan dan pembentukan sikap
      Dalam proses perancangan dan pembelajaran alur yang digunakan adalah : bermula KI-3 KI 4 dan selanjutnya memberikan dampak terhadap terbentuknya KD pada KI-2 dan KI-1
      Setelah KI-3 dan KI-4 tuntas dianalisis, lalu diturunkan materi yang relevan dan rancangan skenario pembelajaran termasuk penugasan dan penilaian.
      Berdasarkan aktivitas belajar dan penugasan tersebut dirancang indikator KD pada KI-1 dan KI-2 diintegrasikan

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesiadan/atau bahasa daerah.
2.2 Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan
malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2 Menegenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untukmembantu pemahaman
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih saying secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5 Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

MATEMATIKA
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menerima, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli,dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap objektif dan menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
1.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
1.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
1.3 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20 1.4 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
1.5 Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinanSederhana
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.2 Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
4.5 Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
4.6 Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.8 Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya
4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
4.10Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf










BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

                            Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
                            Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti.Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.




3.1Saran           

                            Kami berharap setelah dibuatnya makalah ini maka akan memberikan pengetahuan yang lebih luas sehingga menambah wawasan dan membuka pikiran pembaca untuk mengetahui dan lebih memahami secara ringkas tentang yag dimaksud Konsep Waktu dalam Sejarah. Sehingga nantinya kita sebagai calon pendidik tidak akan menjadi pendidik yang verbalisme. Namun menjadi pendidik yang sebenarnya, cerdas dan memahami bahkan menguasai materi yang akan diajarkan kepada anak didiknya.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More