Di dalam pembelajaran matematika, seorang guru
semestinya menggunakan alat peraga. Hal ini agar materi yang diberikannya mudah
difahami oleh siswa. Untuk itu seorang guru harus mengenal jenis jenis media
pembelajaran matematika.
Penggolongan jenis jenis untuk pembelajaran Matematika terdiri dari 5 jenis
yakni :
a. media tanpa proyeksi dua dimensi : yakni tipe yang pemakaiannya tanpa
proyektor serta cuma punyai dua ukuran saja, yaitu panjang serta lebar. Contoh
: papan catat, papan tempel, papan fanel, serta yang lain.
b. media tanpa proyeksi tiga dimensi, yakni : tipe media yang pemakaiannya
tanpa proyektor serta punyai ukuran panjang, lebal tidak tipis, serta tinggi.
juga didalam katagori ini contohnya : benda sesungguhnya, boneka, etc.
c. media audio yakni media yang cuma berikan rangsangan nada saja. media ini
pemakaiannya tanpa proyektor, tapi mempunyai alat perlengkapan spesial yang
bisa memberikan atau memperkera nada. tipe media sama dengan ini, umpamanya :
radio serta tape recorder.
d. media dengan proyeksi yakni : media yang pemakaiannya mengfungsikan
proyektor, umpamanya : fim, slide, serta film strip.
e. televisi serta video tape recorder yakni tipe media yang pada prinsipnya
sama juga dengan audio tape recorder, serta radio. perbedaannya andaikan radio
cukup hanya dengan pemancar nada saja, namun tv pancarkan nada serta gambar.
video tape recorder yaitu alat buat merekam, menaruh serta menampilkan kembali dengan
serempak nada serta gambar dari satu objek. namun apabila tv yaitu sebagai alat
untuk lihat gambar serta mendengarkan nada dari jarak jauh.
Penggunaaan alat peraga atau media pembelajaran bertujuan untuk
mengoptimalkan kegunaan seluruh panca indra siswa untuk menambah efektivitas
siswa studi dengan langkah mendengar, lihat, meraba, serta menggunakan
pikirannya dengan logis serta realistis. Pelajaran bukan hanya sekedar
menerawang secara abstrak, namun sebagai sistem empirik yang konkrit dan
realistik dan menjadi sisi hidup yang tidak mudah dilupakan.Dengan kata
lain, tujuan pemakaian alat peraga yaitu untuk mendemonstrasikan rancangan yang
abstrak ke didalam wujud visual.
Referensi :
Marcoalo,
Tri. “JENIS - JENIS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” http://blogmediapembelajaranguru.blogspot.com/2013/03/jenis-jenis-media-pembelajaran.html (diakses
tanggal 21 Maret 2014)
Di dalam pembelajaran matematika, seorang guru
semestinya menggunakan alat peraga. Hal ini agar materi yang diberikannya mudah
difahami oleh siswa. Untuk itu seorang guru harus mengenal jenis jenis media
pembelajaran matematika.
Penggolongan jenis jenis untuk pembelajaran Matematika terdiri dari 5 jenis yakni :
a. media tanpa proyeksi dua dimensi : yakni tipe yang pemakaiannya tanpa proyektor serta cuma punyai dua ukuran saja, yaitu panjang serta lebar. Contoh : papan catat, papan tempel, papan fanel, serta yang lain.
b. media tanpa proyeksi tiga dimensi, yakni : tipe media yang pemakaiannya tanpa proyektor serta punyai ukuran panjang, lebal tidak tipis, serta tinggi. juga didalam katagori ini contohnya : benda sesungguhnya, boneka, etc.
c. media audio yakni media yang cuma berikan rangsangan nada saja. media ini pemakaiannya tanpa proyektor, tapi mempunyai alat perlengkapan spesial yang bisa memberikan atau memperkera nada. tipe media sama dengan ini, umpamanya : radio serta tape recorder.
d. media dengan proyeksi yakni : media yang pemakaiannya mengfungsikan proyektor, umpamanya : fim, slide, serta film strip.
e. televisi serta video tape recorder yakni tipe media yang pada prinsipnya sama juga dengan audio tape recorder, serta radio. perbedaannya andaikan radio cukup hanya dengan pemancar nada saja, namun tv pancarkan nada serta gambar. video tape recorder yaitu alat buat merekam, menaruh serta menampilkan kembali dengan serempak nada serta gambar dari satu objek. namun apabila tv yaitu sebagai alat untuk lihat gambar serta mendengarkan nada dari jarak jauh.
Penggunaaan alat peraga atau media pembelajaran bertujuan untuk mengoptimalkan kegunaan seluruh panca indra siswa untuk menambah efektivitas siswa studi dengan langkah mendengar, lihat, meraba, serta menggunakan pikirannya dengan logis serta realistis. Pelajaran bukan hanya sekedar menerawang secara abstrak, namun sebagai sistem empirik yang konkrit dan realistik dan menjadi sisi hidup yang tidak mudah dilupakan.Dengan kata lain, tujuan pemakaian alat peraga yaitu untuk mendemonstrasikan rancangan yang abstrak ke didalam wujud visual.
Referensi :
Marcoalo,
Tri. “JENIS - JENIS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” http://blogmediapembelajaranguru.blogspot.com/2013/03/jenis-jenis-media-pembelajaran.html (diakses
tanggal 21 Maret 2014)
0 komentar:
Posting Komentar